Tuesday, May 26, 2009

IT : Jabatan Keren Gaji Pas-pasan Kontrak Mengekang

Menyikapi artikel dari Detikcom Pekerja IT : Jabatan Keren Gaji Pas-pasan gambaran yang realistis dari dunia Pekerja kita terkhusus dibidang IT. Ada yang beruntung dengan gaji yang sesuai namun lebih banyak dengan gaji minim tetapi tidak hanya itu saja mereka juga dikekang dengan kontrak yang tak seimbang, dimana salah satu butirnya kalau saya tidak lupa : "Jika salah satu pihak memutuskan pekerja di luar ketentuan yang telah di tetapkan dalam kontrak ini maka akan kena penalti" .

Tidak hanya itu saja terdapat butir lain yaitu "Perusahaan berwenang untuk memindahkan pihak kedua (pekerja) ke unit bisnis atau ke departemen lain".

Ini jelas tidak fair, bagaimana kalau karyawan dapat pekerjaan atau ada tawaran yang lebih baik ?

Disaat mereka menerangkan pada point/butir kena penalty atau tidak, dari pihak perusahaan juga mengatakan : "Jika ingin resign/mengundurkan diri, memberitahukan 1 bulan sebelumnya dan penalty akan diabaikan. Tetapi jika berhenti mendadak dan tanpa ada kabar tentunya penalty akan diterapkan".

Pernyataan tersebut di saksikan oleh saya, manager IT dan HRD. Namun kenyataannya diluar dari konteks itu smua.....!!! Di Saat saya mendapat tawaran yang lebih baik tentu saya akan ambil karena untuk menunjang kebutuhan keluarga. Saya buat surat pengunduran diri 1 bulan 2 hari sebelumnya. Dan pada minggu ke-3 baru ada jawaban, bahwa saya akan dikenakan penalty.

Saya terdiam, tanpa banyak bicara saya tinggal dan menyatakan : "Kalau emang Bapak mau kenakan penalty, silakan saya tetap menolak karena sudah sesuai dengan prosedur yang di ungkapkan dari HRD dan kita selesaikan di panitia AdHoc Depnaker".

Saya pun tetap pilih pindah kantor baru, demi masa depan saya, istri dan sikecil. Saat tanggal dimana saya dapat salary, namun saya belum dapat juga.

Itulah dunia IT Indonesia...Tragis, Miris......

4 comments:

depz said...

perusahaan apa tuh bos
aduin aja ke depnaker

CyberBlog said...

iya..., ini lagi nunggu sampe akhir bulan.. saya sudah email ke mrk untuk menanyakan namun blm ada respond. Tolong buat temen2 IT, jika mo tandatangan kontrak liat2 dulu point2nya kl ada yg spt di artikel saya ini, langsung tolak aja..!!!

mamet said...

untungnya saja saya kerja di dunia IT tidak ada perjanjian semacam itu,. di tempat pertama dan kedua saya kerja pada saat akan pindah bos saya baru mengatakan 1 bulan sebelumnya atau tidak di ijinkan tuntk pindah tapi pada saat interview tidak di jelaskan hal semacam itu. tapi saya tetep pindah.

sukses terus bos ^_^
salam kenal yah.

cyberthug said...

ok...makasih untuk kunjungannya